Home » » Karakter Orang Madurau Dalam Kumpulan Cerpeng “Mata Blater" Karya Mahwi Air Tawar

Karakter Orang Madurau Dalam Kumpulan Cerpeng “Mata Blater" Karya Mahwi Air Tawar

Oleh Ita Nur Andriana

Abstract:


Cerpen Mata Blater merupakan salah satu cerpen yang mengungkapkan karakter khas dari orang Madura. Dalam cerpennya ini, Mahwi Air Tawar berusaha mengungkapkan kerakter orang Madura yang sebenarnya. Di mana bagi masyarakat luar, orang Madura hanya dipandang melalui steriotip negatif. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yakni;1) bagaimanakah karakter orang Madura yang terekpresikan pada tema dalam kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar?, 2) bagaimanakah karakter orang Madura yang terekpresikan pada tokoh dalam kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar?, 3) bagaimanakah karakter orang Madura yang terekpresikan pada alur dalam kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar?, 4) bagaimanakah karakter orang Madura yang terekpresikan pada latar dalam kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar?
Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan karakter orang Madura yang terekpresikan pada tema, tokoh, alur dan latar pada kumpulan cerpen Mata Blater Karya Mahwi Air Tawar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan ektrinsik, psikologi, sosiologi dan antropologi dengan studi etnografi. Sasaran penelitian berupa karakter orang Madura yang terekspresikan pada tokoh, alur, latar, dan tema dalam kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, peragraf atau wacana dari teks kumpulan cerpen Mata Blater, yang mengekspresikan karakter orang Madura baik dalam hubungannya dengan tema, tokoh, alur, dan latar pada kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar, Cetakan pertama oleh penerbit Matapena Yogyakarta 2010. 
Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif interpretataif dibantu dengan instrumen penelitian berupa tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Kumpulan cerpen Mata Blater karya Mahwi Air Tawar mengekspresikan karakter dari orang Madura. Karakter tersebut terekpresi pada tema, toko-tokoh, alur dan latar cerpen. Karakter tersebut meliputi pembawaan (menjaga wibawa, tegas, pemberani, sederhana, setia, menjaga nama baik, tanggap, pekerja keras, dan religius), sikap dan perilaku (meliputi menjunjung harga diri, memiliki rasa keadilan, memiliki sifat hormat, sopan dan santun, keras, berhati-hati dalam menyikapi kabar bohong, dan suka bersenang-senang), dan etos kerja (sangat giat bekerja keras dengan berusaha, ikhtiar dan sabar). Karakter orang Madura tersebut dapat berubah menjadi negatif apabila kondisi lingkungan tidak kondusif, yang dapat mendorong mereka melakukan berbagai perilaku menyimpang yang terkesan ekstrim. Hal ini, tentunya dapat menumbuhkan steriotip negatif masyarakat luas terhadap karakter orang Madura. Oleh karena itu, pemahaman mengenai karakter orang Madura haruslah dilakukan melalui pemaknaan yang bersifat konstruktif dan berwibawa. Adapun saran yang dapat diberikan adalah; 1) dapat menambah pengetahuan mengenai kebudayaan bangsa Indonesia, 2) dengan terungkapnya karakter orang Madura dalam kumpulan cerpen Mata Blater, apresiasi sastra perlu dikaitkan dengan karakter suatu komunitas etnik yang berbasis kepekaan siswa terhadap budaya, 3) diharapkan peneliti berikutnya dapat mengembangkan bahan kajian ini yang masih bersifat terbatas, khusunya dari perspektif antropologi dengan studi etnografi.
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Jualan Buku Sastra | Jualan Buku Seni dan Budaya |
Copyright © 2013. areamahwiairtawar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger